Prana dan Tenaga Dalam Indonesia

Anda mungkin sering mendengar istilah kata “PRANA”. Tentang prana ada banyak buku-buku baik karangan orang Indonesia maupun karangan orang luar yang menulis tentang arti prana dan metode prana.

Banyak defenisi arti tentang prana, ada yang mengartikan sebagai gaya hidup pranayama. Ada yang mengartikan sebagai energi hidup tubuh (bioenergi), ada yang mengartikan metode pernafasan yoga (yogananda), ada juga yang mengartikan sebagai energi alam semesta, ada juga yang mengartikan sebagai esensi medan energi cakra tubuh, dan seterusnya.  Tergantung dari sudut pandang anda. Namun begitu, dasar istilah Prana mungkin berasal dari praktek meditasi yoga dalam agama hindu yang disebut proses Kriya Yoga. Secara lebih jelas, kami tidak mendalami tentang hal ini. Anda dapat mendalaminya secara khusus kepada ahlinya.

Khusus perkembangan Ilmu Tenaga Dalam di Indonesia, istilah prana dan aksesorisnya sering juga masuk sebagai terminologi dan faham-faham Ilmu Tenaga Dalam Indonesia. Sehingga anda mungkin akan mendengar istilah Tenaga Dalam Prana, Prana Sakti Tenaga Dalam, dan seterusnya. Bagaimana proses ini terjadi, lebih disebabkan adanya koneksi dan heterogenitas berbagai budaya agama di Indonesia. Termasuk pertemuan antara budaya hindu di Indonesia dan budaya lokal lainnya.

Secara spesifik, sebenarnya Budaya Ilmu Tenaga Dalam Indonesia mempunyai ciri khas dan terminologi pemahaman sendiri mengikuti asal daerah di Indonesia di mana Ilmu Tenaga Dalam tersebut ditemukan atau muncul. Pada masa lalunya, biasanya Budaya Ilmu Tenaga Dalam di Indonesia akan ikut serta sebagai aksesoris Perguruan Beladiri Silat tertentu dan biasanya mereka tidak mengenal istilah prana dan chakra. Yang mereka tahu hanya bagaimana cara mengolah nafas dan mengolah gerak jurus-jurus Ilmu Tenaga Dalam saja sehingga dapat digunakan. Karenanya jika anda bertemu dengan para guru tenaga dalam senior (generasi tua guru tenaga dalam) dan bertanya kepada mereka bagaimana metodenya, paling mereka akan mengatakan metode olah nafas di bawah perut atau olah nafas di dada bukan disebut olah nafas di cakra perut, solar plexus, cakra mahkota, dan seterusnya. Artinya, berbagai istilah dan faham Ilmu Tenaga Dalam yang digunakan masih menggunakan bahasa lokal.

Arti Prana Related Searches:
Energi Prana| Asma Prana | Perkembangan Tenaga Dalam Prana |

Pos ini dipublikasikan di Arti Prana, Artikel Tenaga Dalam, Tenaga Dalam Prana dan tag , , , , , , , , , , , , , , , . Tandai permalink.

3 Balasan ke Prana dan Tenaga Dalam Indonesia

  1. Ping balik: Berbagai Metode Ilmu Tenaga Dalam Indonesia | Program Ilmu Beladiri Tenaga Dalam Asia-Indonesia

  2. Ping balik: Halaman tidak ditemukan | Program Ilmu Beladiri Tenaga Dalam Asia-Indonesia

  3. Ping balik: Cakra-Cakra Dalam Tubuh Tenaga Dalam | Program Ilmu Beladiri Tenaga Dalam Asia-Indonesia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s